NgeBlog Sambil Belajar dan Berbagi: Memanfaatkan Feature Firewall - Raw untuk Setting Games Online Pada Mikrotik

Memanfaatkan Feature Firewall - Raw untuk Setting Games Online Pada Mikrotik

Ketemu lagi bersama saya Mr. Dekan. Pada tulisan kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan feature Raw yang ada pada Firewall di mikrotik untuk pengaturan port game online. sehingga game online memiliki jalur sendiri dalam jaringan kita.
Sebagaimana yang kita ketahui Feature Raw ini ada semenjak Router OS V. 3.36 rc2, Feature Raw ini ada di menu IP -> Firewall -> Tab Raw. nah bagi kalian yang belum ada feature Raw ini silahkan Upgrade versi Mikrotik Router OS kalian dengan versi sama atau diatasnya.
Berikut akan coba saya jelaskan bagaimana pemanfaatan feature Raw ini untuk Setting Games Online.
1. Silahkan login ke Mikrotik, disini saya menggunakan Winbox
2. Klik IP -> Firewall , Pilih Tab Menu Raw

3. Klik Add (+)
4. Disini kita mencoba setting Game Online yaitu Rules Of Survival PC dengan menggunakan Protocol : UDP dan Port : 24000-25000 (Sesuaikan dengan Port yang kalian dapat dengan TORCH)
5. Pada Tab General
    Chain : prerouting
    Protocol : udp
    Dst. Port : 24000-25000
6. Pada Tab Action
    Action : add dst to address list
                ( menangkap semua IP yang berada pada Protocol UDP dan Port 24000-25000)
    Address List : Rules (Contoh)
                 Memasukkan semua IP address yang ditangkap ke dalam list dengan nama "Rules"
7. Klik Tombol Comment, Isikan "ROS" -> OK

8. Setelah itu tinggal Klik "OK"
9. Sampai disini Settingan Raw untuk Game online Rules Of Survival selesai
10. Lakukan hal yang sama untuk game online lainnya, terutama pada pengaturan General, pada bagian Protocol dan Port yang digunakan oleh game online berbeda beda.
Berikut hasil dari pengaturan Raw, disini hasilnya ada beberapa game online yang saya setting.
Kalian bisa mencoba menggunakan Port yang sama dengan settingan saya atau menggunakan hasil TORCH Sendiri.

Berikutnya adalah untuk memasukkan hasil tangkapan IP Address dari settingan Raw digabung dengan settingan Mangle

11. Masih di Firewall, pilih Tab Mangle
12. Klik tombol Add (+)
13.Pada Tab General ( membuat Connection Mark)
     Chain : prerouting
14. Pada Tab Advanced
      Src. Address List : Pilih "Rules"
15. Pada Tab Action
      Action : mark connection
      New Connection Mark : ROS-Con ( Boleh disesuaikan sendiri)
      Passthrough : Ceklist
16. Klik Comment : Isi dengan "RulesOfSurvival".

17. Klik "OK" untuk membuat pengaturan Mark Connection.
Sampai disini untuk membuat Mark Connection Selesai, tinggal membuat Mark Packet.

Langkah berikutnya yaitu untuk membuat Mark Packet dari mark connection yang telah dibuat sebelumnya
18. Klik tombol Add(+)
19. Pada Tab General
      Chain : preroting
      Connection Mark : Pilih ROS-Con (mark connection yang telah dibuat sebelumnya)

20. Pada Action
      Action : mark packet
      New Packet Mark : ROS-Pkt (bisa disesuaikan penamaan Paket Marknya)
      Passthrough : Tidak diceklist

21. Setelah itu Klik "OK".
Hasilnya pembuatan Mark Connection dan Mark Packet bisa dilihat pada gambar berikut.
Hasil diatas yaitu beberapa settingan mangle yang saya gunakan, bisa disesuikan dengan kebutuhan kalian.

Sampai disini Settingan mmbuat Mark Packet sudah selesai, Tinggal melakukan penggabungan Mark Packet dengan Queue Tree.

Setting Queeue Tree
1. Klik menu Queues
2. Pilih Tab menu Queue Tree
3. Klik Tombol Add (+)
4. Pada Tab General
    Kita membuat parent dulu, sehingga semua Queue Game masuk ke parent
    Name : GameHP (Bisa disesuaikan sendiri)
    Parent : global
    Queue Type : default-small
    Priority : 8
    Limit At: 1M
    Max Limit : 5M

5. Kemudian "OK". Queue Parent sudah dibuat, tinggal membuat Queue masing-masing untuk gamenya
6. Klik Tombol Add (+).
7. Pada Tab General
    Name : RoS (Bisa disesuaikan sendiri)
    Parent : GameHP ( Queue Parent yang dibuat sebelumnya)
    Packet Marks : ROS-Pkt ( Mark Packet yang telah dibuat sebelumnya)
    Queue Type : pcq-download-default
    Priority : 8

8.Setelah selesai "OK". untuk menerapkan pengaturan.
Berikut hasilnya

9. Untuk membuat Queue Mark Packet Game yang lain, bisa mengulangi dari langkah 6 sebelumnya.
10. Demikian langkah pembuatan Queue Tree untuk Game Online.
Apabila ada kesalahan dalam penyampain, saya mohon dimaklumi itu semua adalah kesalahan saya sendiri, dan bila ada masukkan silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan, Terima kasih.





1 komentar:

Memanfaatkan Feature Firewall - Raw untuk Setting Games Online Pada Mikrotik

Ketemu lagi bersama saya Mr. Dekan. Pada tulisan kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan feature Raw yang ada pada F...